Uninus Berikan Beasiswa bagi Hafiz

2019-03-25

Universitas Islam Nusantara (Uninus) menyediakan beasiswa bagi para penghafal Alquran atau Hafiz pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020. Beasiswa ini diberikan sebagai wujud apresiasi Uninus terhadap generasi pecinta Alquran.

Ketua Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Uninus, Dr. Andriana Gaffar mengatakan, calon mahasiswa akan dibebaskan biaya SPP sesuai dengan tingkatan juz hafalan. “Calon mahasiswa yang memiliki hafalan sebanyak 30 Juz, akan dibebaskan SPP selama 6 semester, yang 20 juz dibebaskan SPP selama 4 semester, dan yang 10 juz akan dibebaskan SPP selama 2 semester,” jelasnya.

Andriana menambahkan, dari 21 Program Studi (Prodi) yang ada di Uninus, calon mahasiswa hafiz tersebut bebas memilih prodi sesuai dengan minatnya. “Tidak harus di prodi yang berada di Fakultas Agama Islam atau bahasa arab, mereka bebas pilih,” terangnya.

Prodi tersebut antara lain Pendidikan Agama Islam, Perbankan Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) di Fakultas Agama Islam. Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi di Fakultas Ekonomi. Prodi Teknik Elektro, Teknik Industri, dan Teknik Informatika di Fakultas Teknik. Prodi Ilmu Hukum di Fakultas Hukum. Prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Ilmu Perpustakaan di Fakultas Ilmu Komunikasi. Prodi Agroteknologi di Fakultas Pertanian. Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB), Pendidikan Masyarakat/Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Pendidikan Bahasa Aarab, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, dan Pendidikan Guru PAUD di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Setelah menjadi Mahasiswa, kata Andriana, mereka yang memiliki potensi dalam hafalan Alquran akan diberikan wadah untuk pengembangan hafalannya melalui unit kegiatan mahasiswa Iqraamul Qur’an (IQ), serta dibina pada Lembaga Pengembangan Tilawah Quran (LPTQ) Uninus untuk diikut sertakan dalam beberapa kegiatan perlombaan. “Uninus rutin berpartisipasi dalam kegiatan MTQ Mahasiswa Nasional, nanti, mereka yang mendapat beasiswa hafiz ini berkesempatan menjadi peserta delegasi Uninus,” ujarnya.

Wakil Rektor 1 Bidang Kemahasiswaan, Dr. Husein Saeful Insan menyampaikan bahwa Uninus memiliki mahasiswa berkebutuhan khusus dari Prodi PLB yang memiliki kelebihan dalam menghafal Alquran. Bahkan telah meraih prestasi tingkat Nasional. “Kami bangga memiliki Hadian Akbar, ia meraih juara 2 MTQ Nasional 30 Juz pada tahun 2017. Melalui prestasinya itu, Hadian sering diundang tampil oleh para menteri, pernah diundang ke Pakistan juga” ujarnya.

Kami juga punya Sobiroh dan Fuji Siti Khodijah, kata Husein. Dua mahasiswa dari Prodi Pendidikan Agama Islam ini berprestasi dalam kegiatan Musabaqoh Hifzhil Qur'an antar Pesantren se-Indonesia di wilayah Jawa Barat tahun lalu. "Sobiroh meraih juara 1 Cabang 10 Juz, ia mewakili Jawa Barat ke tingkat Nasional. Sedangkan Fuji meraih Juara 3 Cabang 15 Juz," jelasnya.

Selain beasiswa hafiz, Uninus juga menyediakan beasiswa lain bagi calon mahasiswa seperti beasiswa prestasi dan beasiswa bidikmisi dari pemerintah. Uninus menerima pendaftaran mahasiswa baru dari berbagai jalur sejak 1 Maret sampai 30 Agustus 2019. [RM]


Bagikan